kata pengantar
Puji
syukur saya haturkan ke hadirat Tuhan YME, karena dengan karunia-Nya saya dapat
menyelesaiakan karya ilmiah yang berjudul “Dampak Internet Bagi Pelajar”.
Meskipun banyak hambatan yang saya alami dalam proses pengerjaannya, tapi saya
berhasil menyelesaikan karya ilmiah ini tepat pada waktunya.
Tidak lupa saya sampaikan
terimakasih kepada guru Bahasa Indonesia yang telah membantu dan membimbing
saya dalam mengerjakan karya ilmiah ini. Saya juga mengucapkan terimakasih
kepada teman-teman yang juga sudah
memberi masukan baik langsung maupun tidak langsung dalam pembuatan karya ilmiah
ini.
Tentunya ada hal-hal yang ingin
saya berikan kepada para pelajar dari hasil karya ilmiah ini. Karena itu saya
berharap semoga karya ilmiah ini dapat menjadi sesuatu yang berguna bagi kita
bersama.
Penulis menyadari bahwa dalam menyusun karya
tulis ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu penulis sangat mengharapkan
kritik dan saran yang bersifat membangun guna sempurnanya makalah ini. Penulis
berharap semoga karya tulis ini bisa bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi
pembaca pada umumnya.
Pematang Siantar, Oktober 2014
PENULIS
1
DAFTAR
ISI
Kata
pengantar…………………………………………………………………1
Daftar isi…………………………………….…………………………………2
1. PENDAHULUAN………………………………………………………….3
1.1
Latar Belakang………………………………………………………….3
1.2
Tujuan…………………………………………………………………..3
1.3
Manfaat…………………………………………………………………3
1.4
Pembatasan masalah…………………………………………………….4
2.
PEMBAHASAN……………………………………………………….. 5
2.1 Pengertian……………………………………………………………. 5
2.2 Dampak Positif……………………………………………………… 6
2.3 Dampak Negatif…………………………………………………….. 7
2.4 Cara Mengatasi Dampak Negatif Internet…………………………… 9
3. PENUTUP………………………………………………………………… 10
3.1 Kesimpulan…………………………………………………………. 11
3.2 Saran………………………………………………………………….. 11
DAFTAR
PUSTAKA………………………………………………………….12
2
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang
Zaman sekarang, internet
merupakan kebutuhan yang sudah merambat cepat pada kalangan masyarakat era
sekarang khususnya para pelajar. Ini terbukti dengan banyaknya warung warung internet
(warnet), layanan internet di ponsel dan smartphone,meningkatnya penjualan
modem dengan paket pembayarannya. Dengan adanya fasilitas fasilitas tersebut
tak heran bila internet menjadi kebutuhan pola hidup bagi sebagian masyarakat
tak terkecuali bagi para pelajar. Dan kecendrungan terhadap internet itulah
yang mempengaruhi pola belajar para pelajar sekarang. Alasan yang sering
dilontarkan para pelajar untuk mengunakan internet berjam jam adalah
mengerjakan tugas dari guru dan
bersosialisasi online.
Tapi, kenyataannya banyak
pelajar lebih sering menggunakan internet untuk bersosialisasi online dan
mengorbankan waktu belajar mereka untuk
saling dengan teman online
mereka. Dari uraian diataslah, penulis ingin mengetahui seberepa besar pengaruh
terhadap pola belajar siswa.
2.
Tujuan
Tujuan penulis menulis karya ilmiah ini
seperti: supaya kita khususnya para pelajar apakah internet tersebut dapat
merugikan para pelajar? Pelajar sering memakai berbagai alasan untuk bisa
bermain internet baik di smartphone maupun di warnet. Pada karya ilmiah ini
akan mempertegas para pelajar supaya mengetahui pasti dampak-dampak apa saja
yang diakibatkan internet.
3
3.
Manfaat
Dalam karya
ilmiah ini banyak manfaat yang dapat diperoleh khususnya bagi para pelajar.
Salah satu manfaat ditulisnya karya ilmiah ini adalah pelajar dapat memperbaiki
cara pelajar tersebut dalam menggunakan internet. Dimana kalau para pelajar
sudah kecanduan akan berdampak fatal bagi diri dan orang lain. Sehingga bagi pelajar
hendaklah mengetahui dampak internet tersebut.
4.
Pembatasan Masalah
Internet adalah salah satu jenis
media elektronik yang sangat popular dimasa kini dan banyak digunakan oleh
kalangan-kalangan remaja. Internet punya banyak fungsi bagus, seperti dapat
membantu manusia dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Khususnya para pelajar
yang sering dibubuhi dengan melalui internet. Tapi pelajar kebanyakan salah
untuk menggunakkannya seperti mengunggah situs porno, judi online dll.
Dalam Karya tulis ini penulis akan membatasi masalah dengan hanya membahas tentang dampak positif dan negatif pengunaan internet khususnya bagi pelajar bagi pelajar. Salah satu dampak positif yaitu dapat meringankan tugas sekolah yang diberikan oleh guru dan dampak internet adalah dengan kecanduan dengan game online.
Dalam Karya tulis ini penulis akan membatasi masalah dengan hanya membahas tentang dampak positif dan negatif pengunaan internet khususnya bagi pelajar bagi pelajar. Salah satu dampak positif yaitu dapat meringankan tugas sekolah yang diberikan oleh guru dan dampak internet adalah dengan kecanduan dengan game online.
4
PEMBAHASAN
1.
Pengertian
dampak dan internet
Dampak memiliki pengertian yang sangat banyak, dan
luas. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Dampak adalah pengaruh kuat yang mendatangkan akibat, baik negatif
maupun positif. Beberpa ahli Bahasa Indonesia juga memberikan pengertian
dampak. Menurut OTTO SOEMARWOTO, Dampak adalah pengaruh suatu kegiatan dan
menurut ARESANDI S, Dampak adalah besarnya nilai yang kita tambahkan pada hidup
atau dunia seseorang. Beberapa ahli luar negeri juga mengartikan dampak.
Menurut C. JOTIN KHISTY & B. KENT LALL, Dampak merupakan pengaruh -
pengaruh yang dimiliki pelayanan angkutan umum terhadap lingkungan sekitar dan
keseluruhan kawasan yang dilayaninya. Dan menurut SCHEMEL (1976), Dampak adalah
tingkat perusakan terhadap tata-guna tanak lainnya yang ditimbulkan oleh suatu
pemanfaatan lingkungan tertentu.
Penulis juga mengartikan dampak
sebagai akibat dari kelakuan manusia terhadap yang dilakukannya, sehingga apa
yang dilakukan manusia itu dapat member keuntungan dan kerugian bagi dirinya
dan orang lain. dampak terdiri dari dua yaitu, dampak positif yang memberikan
keuntungan dan dampak negative yang memberikan kerugian.
Banyak orang yang sering menggunakan
dan mengucapkan kata internet tetapi tidak tahu apa itu pengertian internet.
Internet (Interconnected networking) ialah
sistem global dari seluruh jaringan computer yang saling terhubung menggunakan
standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk
melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.
Salah satu pengguna internet adalah
pelajar. Pelajar adalah anak sekolah (terutama pada sekolah dasar dan sekolah
lanjutan); anak didik; murid; siswa. Jadi, dampak internet bagi pelajar adalah
suatu akibat karena siswa memakai dan menggunakan jaringan global dunia
(internet).
5
2.
Dampak-Dampak Internet
2.1
Dampak
positif
Ada banyak dampak positif jika kita menggunakan internet
antara lain:
a. Dapat
mengakses data secara mudah.
Pelajar sering mendapatkan tugas untuk
mereferensi suatu berita atau informasi dari sumber informasi. Dahulu sebelum
ada internet mereka mencari informasi dari Koran, surat kabar majalah, radio,
televisi atau yang lain dimana sumber itu sulit diakses kapan saja sesuai
keinginan mereka, sehingga mereka membutuhkan waktu yang lama untuk mencari
suatu berita atau informasi yang diinginkan. Tetapi setelah adanya internet
mereka lebih mudah mencari suatu data atau informasi yang diinginkan secara
cepat dan mudah baik itu data yang terupdate atau data lama melalui media
internet.
b. Sebagai
sarana untuk membangun komunitas diantara pelajar.
Sebagai
pelajar mereka juga butuh banyak teman untuk membangun komunitas dan juga
memenuhi kebutuhan sosial, karena bagaimanapun manusia merupakan makhluk sosial.
Oleh sebab itu internet merupakan alat yang paling efektif untuk kita isa
membangun suatu komunitas pelajar, dimana komunitas itu dapat menjadi tempat
untuk para pelajar sharingpengalaman, informasi atau sekedar
untuk cari teman bermain.
c. Mendapat aplikasi yang edukatif.
Sekarang
ini banyak sekali aplikasi yang bersifat edukatif dan sangat bermanfaat sekali
untuk pelajar, aplikasi tersebut seperti geogebra, google earth, google
translate dan lain sebagainya. Aplikasi tersebut sangat mendukung pelajar untuk
mempelajari berbagai aspek secara mudah.
6
d. Media pertukaran data
Dengan
menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan
situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar
informasi dengan cepatdan murah. Dengan adanya media pertukaran data, para
pelajar bisa semain mudah dalam mengerjakan tugasnya dengan hanya melampirkan
file tugas tersebut dan mengirimnya melalui email
dengan begitu tugaspun menjadi ringan dan cepat selesai.
e. Media
untuk mencari informasi atau data
Perkembangan
internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang
penting dan akurat. Dengan bantuan search
engine para pelajar dapat dengan mudah mencari informasi-informasi yang
berhubungan dengan pelajaran-pelajaran di sekolah.
Itulah
dampak positif dari internet untuk pelajar, dengan ini kita tahu bahwa internet
sangat bermanfaat untuk pelajar tetapi kita juga harus mempertimbangkan dapak
negatifnya juga.
2.1 Dampak Negatif
Selain dampak positif
ada juga dampak negatifnya antara lain:
a. Pornografi
Anggapan
yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah.
Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela. Untuk
mengantisipasi hal ini, para produsen 'browser' melengkapi program mereka
dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet
terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan
dorongan kepada seseorang khususnya para pelajar untuk bertindak kriminal.
7
b. Penipuan
Hal ini memang
merajalela dibidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu.
Pelajar juga bisa terkena penipuaan yang terjadi di internet. Sebagai contoh jika seorang pelajar
terlalu ekss di dunia maya, maka akan banyak orang yang akan mengincar dia.
Penipuan di internet dapat berupa penculikan yang disebabkan seseorang tertipu
dan kerugan material karema penipuan.
c.
Kecanduan browsing internet.
Internet adalah hal yang
mengasyikkan bagi kalangan pelajar. Mereka
bisa buka apa saja disana, bisa main game online, bisa buka social
network, dan lain lain. Dengan rasa asyik tersebut dan mereka tidak membentengi
diri mereka, mereka akan kecanduan untuk berinternet ria (online) lagi dan
lagi.
d. Merusak
anggota dan fungsi tubuh.
Pelajar
sering menggunakan internet tanpa memperhatikan kondisi tubuhnya. Mereka ada
yang melupakan matanya yang merah hingga berair didepan layar monitor, ada yang
membiarkan punggungnya linu duduk didepan layar mnitor, dan lain lain. Hal itu
sangat merugikan khususnya bagi dirinya sendiri. Seharusnya pengguna internet
harus secara berkala merelaksasikan tubuhnya ketika didepan layar monitor agar
tidak terjadi kerusakan tubuh yang tidak diharapkan.
e.
Individualis
Pelajar yang berinternet ria (online)
sampai lupa waktu akan menghabiskan waktunya hanya bersama dengan seperangkat
computer yang menghubungkannya ke internet. Mereka akan sedikit waktu untuk
berinteraksi dengan orang lain untuk bersosialisasi dan
berkomunikasi. Dengan permasalahn
seperti itu, mereka akan menjadi orang yang individualis dan sedikit relasi
dengan individu lain.
8
f. Lupa waktu.
Dengan
rasa kecanduan, para pelajar akan menghabiskan waktu mereka hanya untuk berinternet ria (online)
didepan layar monitor dan duduk manis didepannya. Para pelajar yang tak bosan
bosannya menghabiskan waktu berinternet ria juga mengabaikan waktu belajarnya.
Hal ini bukan hanya merugikan diri nya sendiri tapi juga merugikan orang tuanya
karena telah sia sia mencari uang untuk menyekolahkan anaknya.
3.
Cara Mengatasi Dampak Negatif Internet
Salah
satu dampak internet adalah kecanduan dengan internet. Ada beberapa tips
ataupun cara dari beberapa ahli untuk mengatasi kecanduan internet antara lain:
1.
Niat dan membulatkan tekad untuk tidak
terjerumus ke dunia internet lagi.
2.
Puasa tidak membuka social media.
3.
Lakukan hal yang lebih bermanfaat
seperti: berolahraga,jalan-jalan dll.
4.
Jangan membuka ponsel jika sedang
berkumpul dengan teman.
5.
Mengatur waktu online.
6.
Blokir social media.
Dengan beberapa tips di
atas diharapkan pelajar yang sudah kecanduan dengan internet dapat berubah dan
memperbaiki perilakunya.
9
PENUTUP
1.
KESIMPULAN
Dari semua pembahasan yang ada dapat disimpulkan,
bahwa internet adalah sarana pembelajaran yang baik dan bermutu. Jika dimanfaatkan dengan teratur
akan menjadi pola belajar yang sangat baik sekali. Baik buruknya suatu kegiatan
bergantung pada pelaku yang menggunakannya. Begitu juga dalam penggunaan
internet, jika seorang pelajar tidak membuka yang aneh-aneh di internet maka
internet itu akan bermanfaat bagi seorang pelajar. Dan mengunakan internet
harus melihat jam maksimal 1 hari bermain 2 jam saja agar kesehatan dapat
terjaga. Dan jangan sampai menjadi pecandu internet , karna akan mengganggu
prestasi siswa.
2.
Saran
Saya ingin memberi saran dalam
penutup ini kepada pembaca :
1.
Jangan terlalu kecanduan bermain Internet termasuk game online/browsing dan
lainnya,bermain hanya sekedar hiburan dan tidak dijadikan kebutuhan pokok
seperti makanan.
2.
Bermain internet posisi mata ke komputer jangan terlalu dekat nanti mata bisa
rusak.
3.
Jika browsingnya atau chatingnya menggunakan Hp, Saya harap jangan terlalu di
jadikan rutinitas sehari-hari, Karna
akan merugikan sipemakai.
4.
Jangan terlalu banyak main, waktunya lebih baik bila digunakan untuk belajar
agar lebih bermanfaat.
10
DAFTAR PUSTAKA
http://id.wikipedia.org/wiki/Internet
http://octahyuuga.wordpress.com/2009/03/02/dampak-negatif-dan-positif-dari-internet/
http://! yudakuyudz.wordpress.com/2008/03/19/dampak-positif-dan-negatif-akibat-perkembangan-teknologi-internet/
http://wikipedia.id
http://wiewiesmkti.blogspot.com/2007/07/protokol.html
http://octahyuuga.wordpress.com/2009/03/02/dampak-negatif-dan-positif-dari-internet/
http://! yudakuyudz.wordpress.com/2008/03/19/dampak-positif-dan-negatif-akibat-perkembangan-teknologi-internet/
http://wikipedia.id
http://wiewiesmkti.blogspot.com/2007/07/protokol.html
Pandia Henry.2009. Teknologi
Informasi dan Komunikasi SMP KELAS IX.
Penerbit: Erlangga
` 11
0 komentar:
Posting Komentar